Pentingnya Penerapan Kepemimpinan Diri Bagi Duta Bahasa

Sebuah pernyataan tentang pentingnya kesadaran membangun kemampuan memimpin diri memang harus diupayakan secara nyata.Upaya semacam itu ditujukan bagi siapapun tanpa  ada pengecualian. Terutama mereka yang memiliki posisi penting di tengah-tengah masyarakat. berlatar belakang pemahaman demikian, maka Duta Bahasa UMSurabaya sebagai promotor yang bergerak di bidang bahasa pun di bekali dengan kemampuan kepemimpinan(leadership).

Dikemas dalam agenda gathering Duta Bahasa UMSurabaya 2017, Khoirul Anam,S.Pd hadir memberikan materi leadership bagi para Duta Bahasa, hal ini ditujukan untuk membentuk karakter yang kokoh dan tangguh. Mereka yang juga berstatus sebagai mahasiswa aktif UMSurabaya tersebut diwajibkan untuk memiliki inner beauty yang berkualitas, termasuk adanya kemampuan memimpin diri sendiri dengan baik. Sebab, mereka yang memiliki managemen diri dan kepemimpinan yang baik, dengan sendirinya akan menarik perhatian masyarakat untuk mengenal lebih dalam dunia kebahasaan serta mengakrabi profil Pusat Bahasa UMSurabaya sebagai lembaga yang menaungi.

Makna memimpin diri sendiri berarti individu perlu menerapkan kedisiplinan dalam melakukan tugas pribadi serta tugasnya sebagai seorang Duta Bahasa, menyadari kewajibannya terhadap diri sendiri dan juga menyadari kewajiban terhadap gelar di hadapan masyarakat UMSurabaya. Lebih luas lagi, mereka juga harus mampu memanagemen mindset. Hasil yang akan terlihat dari penerapan managemen dan kepemimpinan diri yang baik ini adalah, luasnya pandangan para Duta Bahasa dalam menyikapi suatu fenomena yang ada di masyarakat,  adanya responsivitas dan progresivitas dengan ide-ide brilian dan munculnya kreasi kegiatan-kegiatan inovatif yang memiliki nilai jual tinggi dll. (rat)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *