Akhiri Tahun 2017, Pusat Bahasa UMSurabaya Laksanakan Agenda Exploring Surabaya

Sebagai penutup kegiatan di tahun 2017, kamis (28/12) Pusat Bahasa (Pusba) UMSurabaya bersama Duta Bahasa agendakan Exploring Surabaya. Bertempat di Tugu Pahlawan Surabaya, sederet kalimat “When Languages Meet Charity (W-Lamy): Exploring Surabaya” dipilih sebagai tema yang tepat untuk menjadi acuan konsep kegiatan. Dimana kegiatan tersebut difokuskan untuk memberikan nilai-nilai edukasi kepada para pelajar Surabaya dengan mengenalkan kepada mereka sejarah perjuangan para pahlawan surabaya berdasarkan bukti-bukti sejarah. Seperti relief, meriam, patung-patung pahlawan, diorama-diorama, hingga film yang tersedia di lokasi kegiatan. Disamping itu, kegiatan ini juga dimaksudkan untuk mengangkat sisi unik kota Surabaya yang memiliki berbagai spot-spot menarik dan berdaya jual tinggi di dunia pariwisata.

Kegiatan yang dimulai pukul 08.00-12.00 wib tersebut dikemas apik dengan adanya kerjasama dengan komunitas Polyglot Indonesia. Sehingga, penjabaran sejarah perjuangan pahlawan-pahlawan di Surabaya di lokasi kegiatan dilakukan dengan dialog antara peserta dan guide menggunakan berbagai bahasa asing, yaitu bahasa Inggris, bahasa Jepang, bahasa Arab, serta Bahasa Korea. Polyglot Indonesia sendiri merupakan suatu komunitas pecinta bahasa. Mereka terdiri dari berbagai kalangan usia pelajar dan profesional. Beberapa dari anggota Polyglot ahli dalam berbahasa Jerman, Spanyol, Jepang, Prancis, dan belanda.

Suasana outdoor yang asri dengan tatanan taman bunga pepohonan turut mendukung proses pembelajaran yang aktif, kreatif, inovatif dan komunikatif antara peserta dengan Duta Bahasa yang bertugas sebagai tim Guide serta para anggota Polyglot. Pasalnya, diakhir acara para peserta dilibatkan dalam sejumlah permainan edukatif yang mampu meningkatkan rasa keingintahuan mereka terhadap berbagai bahasa dan mengasah mindset mereka bahwasanya seluruh bahasa adalah pengetahuan yang perlu untuk dipelajari dan tidak dikecualikan.  Untuk itu, tidak hanya game, agenda sharing and motivation pun disertakan untuk meningkatkan keyakinan dan tekad para pelajar dalam mendalami berbagai bahasa yang mereka minati.

Partisipasi Muhammed Hudayberdiyev turut memeriahkan acara. Mahasiswa asing asal Turkmenistan yang memperoleh beasiswa pendidikan di Indonesia tersebut memberikan serangkaian motivasi belajar kepada para peserta. Selama jalannya kegiatan, para peserta juga sangat antusias dengan banyaknya pertanyaan yang mereka lontarkan kepada para guide dan para ahli bahasa yang tergabung. (rat)

Posted Under

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *