Pedagang Surabaya Siap Sambut Turis di Tahun 2019

Surabaya, 1 Januari, 2019–Momen awal tahun 2019 dimanfaatkan oleh Duta Bahasa UMSurabaya untuk membekali kemampuan berbahasa Inggris untuk para pedagang. Kegiatan pembekalan bahasa Inggris ini dilakukan di Taman Surabaya.
Pedagang dibekali kemampuan berbahasa Inggris agar mereka dapat berkomunikasi ketika ada turis mancanegara datang berkunjung. Waode Hamsia selaku Kepala Pusat Bahasa UMSurabaya menuturkan bahwa kegiatan ini penting dilakukan karena faktanya semakin banyak turis mancanegara datang ke kota Surabaya.
“Kami melihat Surabaya memiliki potensi besar menjadi wisata perkotaan, sehingga besar kemungkinan akan semakin banyak turis mancanegara datang, namun sayangnya para pedagang belum dibekali kemampuan berbahasa Inggris” tuturnya. Dia menambahkan bahwa kegiatan ini diharapkan bisa membekali kemampuan berbahasa Inggris bagi para pedagang sehingga mereka dapat berinteraksi dengan turis asing.
Pembekalan ini juga melibatkan dua mahasiswa Asing UMSurabaya, Randiriamaro Nanja Nomena dan Kittipot Trirattanamongkol. Mereka dilibatkan agar para pedagang secara langsung dapat mempraktekan bahasa Inggris yang sudah diajarkan.
Selain itu, Duta Bahasa UMSurabaya bertugas untuk mengajarkan bahasa Inggris kepada pedagang di Taman Surabaya. Bahasa Inggris yang diajarkan meliputi percakapan sederhana seperti cara menyapa, mengungkapkan harga, menawarkan barang dagangan, dan mengucapkan terimakasih. Mereka juga membagikan flash card yang berisi percakapan bahasa Inggris kepada para pedagang.
Menurut Waode, program ini sebagai perealisasian visi misi Pusat Bahasa dalam memberikan pelayanan bagi masyarakat. “Selaku kepala pusat bahasa, kami berharap agenda ini dapat dilaksanakan berkelanjutan dan dilakukan di berbagai tempat wisata lain di Surabaya” tambahnya.