Duta Bahasa UMSurabaya Sabet Juara 1 Lomba Debat Bahasa Inggris Tingkat Nasional

Share Button
Lomba Debat Bahasa Inggris

Tim debat bahasa Inggris bersama Coach

Ponorogo, 26 Juli 2016 Tim Debat Bahasa Inggris dari Duta bahasa UMSurabya berhasil menggait juara 1 pada Arabic and English Language Festival yang di ikuti oleh Universitas se-Indonesia, diadakan oleh UNIDA Gontor. Acara tersebut cukup menguras tenaga dan fikiran para tim. Bagaimana tidak, hampir setiap hari mereka berlatih. Dan terbukti dengan usaha keras tim, juara 1 pun berhasil dibawa pulang.  “Debat bahasa inggris tidaklah sulit, yang sulit adalah menurunkan ego supaya setiap individu belajar untuk mengerti kemampuan teman dalam timnya dan mereka berhasil menjaga tim yang tangguh” tutur dosen muda, Pramudana Ihsan, S.Hum., M.Pd. yang menjadi pendamping sekaligus coach tim debat bahasa inggris. Tim tersebut terdiri dari 3 mahasiswa Duta Bahasa UMSurabaya yaitu 1. Fikria Muzakki Aminy dari Prodi S1. Pend. Bhs. Inggris 2. M. Zaki Budiman dari Prodi S1 Keperawatan 3. Aji Seno Suwondo dari Prodi S1. Pend. Bhs. Inggris.

Adapun tim dosen pendamping dalam hal ini adalah Fazlurrahman Hadi, LC., M.Pd.I pendamping lomba debat bahasa arab, Roifah, M.Pd untuk pendamping lomba essay bahasa inggris dan bahasa arab, dan Pramudana Ihsan, S.Hum., M.Pd untuk lomba debat bahasa inggris.

Fikria, salah satu anggota tim debat mengaku lelah ketika berlatih, akan tetapi tetap semangat karena canda tawa juga motivasi dari pendamping lomba berhasil menghilangkan rasa lelahnya. Lancarnya latihan persiapan lomba tersebut terjadi berkat mereka (tim) mampu menjaga kekompakan dan menyatukan niat bersatu untuk UMSurabaya kampus Sejuta Inovasi.

Pusat Bahasa UMSurabaya

Suasana saat lomba berlangsung

Sedangkan Zaki mengatakan bahwa pada perjalanannya banyak rintangan yang dihadapi. Mulai dari bagaimana harus mengatur waktu baik pada saat latihan maupun ketika lomba berlangsung. Jadi pada saat itu mereka mengorbankan banyak tenaga untuk mendapatkan yang terbaik. Sehingga mereka bisa mendapatkan juara, mereka yakin usaha yang dilakukan tidak jauh berbeda dari hasil.

Hal tersebut juga diungkapkan oleh dosen pendamping  sekaligus coach muda tim tersebut, bahwasannya suatu kewajiban bagi kampus sebesar UMSurabaya untuk memompa semangat mahasiswanya untuk berpartisipasi dan berkompetisi sebagai sarana latihan sebelum berkompetisi dikehidupan nyata masa depan. Di ungkapkan oleh Kepala Pusat Bahasa, Waode Hamsia, M.Pd. bahwa semangat juang tim, kerja keras tim dalam mempersiapkan diri untuk bersaing bagaikan kobaran api yang terus menyala. (HNA)

Pusat Bahasa UMSurabaya

Foto bersama peserta lomba