Gathering Perdana Duta Bahasa UMSurabaya Tumbuhkan Harapan Baru

Share Button
Gathering Duta Bahasa 2016

Gathering Duta Bahasa 2016

Sabtu (22/10) rencana gathering Duta Bahasa UMSurabaya akhirnya dapat dilaksanakan. Kegiatan tersebut adalah kegiatan gathering perdana, yang pesertanya adalah Duta Bahasa periode 2015 dan periode 2016. Kegiatan tersebut dilaksanakan bekerjasama dengan biro Pusat Pelayanan Mahasiswa Baru (P2MB) UMSurabaya yang juga membuat acara gathering bagi para Duta Kampus dan Para Jurnalis Kampus UMSurabaya yang baru saja dinyatakan lolos seleksi. Bertempat di villa Savina Pacet Mojokerto, kegiatan tersebut sukses digelar selama dua hari. Bagi para peserta Duta Bahasa peride 2016, acara tersebut merupakan syarat terakhir mereka untuk diresmikan sebagai anggta Duta Bahasa UMSurabaya. Karena pada beberapa pekan sebelumnya, mereka telah mengikuti psikotes dan wawancara.
Meskipun dilaksanakan secara bersamaan, materi yang telah dijadwalkan untuk Duta Bahasa berbeda dengan meteri untuk para Duta Kampus dan Akademia (Jurnalis kampus) sehingga para peserta duta bahasa dan yang lain hanya terlibat kegiatan yang sama pada kesempatan tertentu seperti istirahat dan malam keakraban (api unggun).
Sebagai bekal utama menjadi seorang Duta Bahasa, Pusat Bahasa UMSurabaya telah menyusun beberapa materi yang harus dikuasai para peserta. Materi public speaking, ethic, ethnic dan materi kebahasaan pun dituntaskan untuk didiskusikan selama dua hari berturut-turut. Sehingga, para duta bahasa pada masa kinerjanya mampu bersikap sepatutnya sebagai seorang multibahasawan dan mampu menjadi tangan kanan Pusat Bahasa untuk menjalankan berbagai program. Tentunya, porgram-program tersebut berisikan usaha-usaha pembangunan nama baik universitas.
Setelah para peserta calon Duta Bahasa resmi dilantik sebagai calon Duta Bahasa, mereka bersama dengan anggota Duta Bahasa periode sebelumnya mempersiapkan konsep dan prosedur pelaksanaan untuk beberapa program, seperti program English Garden dan Inhome English. Selain itu, mereka juga menyusun beberapa hal untuk memperbarui konsep beberapa program yang sudah ada seperti program English Club. Waode Hamsia, M.Pd kepala Pusat Bahasa UMSurabaya berharap para duta bahasa mempu secara konsisten berkontribusi terhadap Pusat Bahasa. Ia juga berharap, program-program yang telah didiskusikan tersebut dapat direalisasikan secara efekktif dalam jangka lima tahun ke depan. (ra)