INISIASI DUTA BAHASA

Share Button
INISIASI DUTA BAHASA

Kegiatan Inisiasi Duta Bahasa

Kamis (26/05), Pusat bahasa (PUSBA) UMSurabaya adakan inisiasi duta bahasa. Acara tersebut merupakan upaya kontribusi PUSBA terhadap UMSurabaya dan sebagai tahap awal perekrutan pertama anggota duta bahasa yang nantinya diharapkan mampu menjadi figur pelajar UMSurabaya. Baik di lingkungan civitas akademik maupun masyarakat luar.

Waode Hamsiah, S.Pd, M.Pd salah seorang dosen pengampu mata kuliah bahasa Inggris menyatakan bahwasanya peserta duta bahasa terpilih akan mengemban beberapa tugas, seperti promosi kampus hingga sebagai fasilitator. Menurut rencana, para duta akan diikut sertakan dalam beberapa program PUSBA yang berkaitan dengan promosi dan pembelajaran bahasa. PUSBA juga bekerja sama dengan beberapa biro di UMSurabaya seperti Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) dan  Pusat Penerimaan Mahasiswa Baru (P2MB) dalam menjalankan program-programnya.

Beberapa pembekalan materi diantaranya publick speaking, ethik, dan Bahasa Arab telah dilakukan. Mengingat, Duta Bahasa sendiri selain dituntut untuk mampu mengenalkan UMSurabaya dengan baik juga mampu menjadi pembelajar bagi mansyarakat. Hal ini bertujuan agar masyarakat tidak memilah-milah bahasa, dengan penerapan pola pikir bahwa semua bahasa mengandung kegunaan penting dan tidak ada spesifikasi. Hal itu juga menjadi bekal bagi para peserta untuk menyiapkan diri sebelum proses seleksi. Peserta duta bahasa pun diharuskan menguasai bahasa asing seperti bahasa Korea, Mandarin dan Jepang.

English garden diagendakankan menjadi program lanjutan dari kegiatan perekrutan tersebut pada bulan Juli mendatang. Acara English Garden akan menjadi ajang kontribusi nyata PUSBA UMSurabaya yang ditunjukkan kepada pemerintah dalam meningkatkan kemampuan bahasa asing masyarakat. Bahasa asing yang dimaksud bukan hanya  bahasa inggris, akan tetapi juga bahasa lain. Sebab, pembekalan tambahan yang  akan diterima oleh para Duta Bahasa UMSurabaya merupakan materi bahasa Arab dan Lintas Budaya untuk memaksimalkan profesionalitas para Duta Bahasa.  Pagelaran english garden juga bertujuan menyambut tamu-tamu asing yang berkunjung ke Surabaya yang datang dari 20 negara. (rtl)