Pusat Bahasa UMSurabaya Kembali Buka Perekrutan Duta Bahasa

Share Button

Duta bahPusat Bahasa UKM Expo 2016 UMSurabayaasa UMSurabaya kembali membuka perekrutan anggota Duta Bahasa di hari Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Expo 2016.(19/09). Agenda yang dibina oleh lembaga pusat Bahasa UMSurabaya tersebut sempat memiliki banyak tantangan, mulai persediaan tempat hingga kesangsian legalitas duta bahasa di UMSurabaya. Para duta bahasa memandang hal itu sebagai hal lumrah.

Duta bahasa bukan sebagai UKM, namun merupakan salah satu lembaga dari UMSurabaya. Pembentukan duta bahasa sendiri dimaksudkan sebagai pihak promosi kampus dalam kegiatan-kegiatan yang memerlukan kelincahan berbahasa asing. Selain itu, duta bahasa pun difungsikan sebagai wadah pengembangan diri bagi mahasiswa yang mampu berbicara bahasa asing.
Banyaknya mahasiswa baru (maba) yang mengunjungi tempat pendaftaran akhirnya mampu mengganti kepenatan para Duta Bahasa selama mempersiapkan agenda. Diantara banyaknya mahasiswa yang menggunakan bahasa Inggris dan Arab sebagai kemampuan berbahasa asing, yang menarik adalah adanya mahasiswa yang mampu menggunakan bahasa Jepang dan lainnya.
Duta bahasa yang sudah terbentuk baru seumur jagung. Para duta bahasa tersebut baru beberapa bulan saja resmi dilantik. perekrutan kembali dilakukan dikarenakan banyaknya program dari lembaga pusat bahasa yang harus direalisasikan. Akan tetapi, jumlah dari duta bahasa yang ada dirasa kurang memenuhi target. Pada saat pementasan UKM Expo, para duta bahasa mendapatkan sambutan hangat dari para maba setelah memberikan sapaan kepada mereka dengan beberapa bahasa asing, seperti Spanyol, Jepang, India, Inggris, dan Arab. Para maba tersebut semakin termotivasi untuk mengikuti program pusat bahasa dan berharap dapat menjadi bagian dari angota Duta Bahasa.(ra)